Mengenal Microsoft Access 2010

Posted by Friendly With Information Technology on Wednesday, January 30, 2013


Microsoft Access adalah salah satu aplikasi program Microsoft Office yang dapat diterapkan dalam pekerjaan manajerial seperti pembuatandatabase persediaan dalam aktivitas perdagangan. Sebelum kita berbicara lebih lanjut mengenai keguanaan Microsoft Access dalam dunia bisnis terapan, terlebih dulu kita harus mengenal bagian – bagian penting dalam Ms. Access. Bagian – bagian tersebut antara lain :
  •     Tabel –>  merupakan bagian dalam Ms. Access yang berisi database keseluruhan dari tiap kategori. Tabel terdiri dari bebeapa kolom yang disebutField.  Contoh: Tabel data mahasiswa Universitas Bakrie, Tabel Dosen Universitas Bakrie, dll.
  •     Query –> merupakan bagian dari Ms. Access yang dapat digunakan untuk menampilkan field – field tertentu dari bebrapa tabel. Field dari bebeapa tabel tersebut kemudian dibuat menjadi tabel baru.
  •     Form –> merupakan bagian dari Ms. Access yang digunakan dalam proses menginput data ke tabel/ database
  •     Report –> merupakan bagian dalam Ms. Access yang dapat digunakan dalam proses pelaporan database  dan dapat di print out.

Dalam setiap tabel kita harus memiliki sebuah Primary Key yang digunakan sebagai identitas utama tiap data yang diinput dalam tabel tersebut. Sifat dari Primary Key adalah No duplicates,artinya tidak mungkin ada data dalam sebuah tabel yang memiliki Primary Key yang sama.

Selain bagian – bagian penting seperti yang telah dijelaskan diatas, terdapat satu fungsi utama yang sering digunakan dalam Ms. Access yaitu, Relationship. Relationship dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa tabel dengan “Tabel Penghubung”. “Tabel Penghubung” dapat dihubungkan dengan tabel lainnya karena salah satu field dalam “Tabel Penghubung” merupakan Primary Key dari tabel lain. Contohnya: Tabel Data konsumen dan Tabel Movie dapat dihubungkan dengan Tabel Pemesanan (“Tabel Penghubung”) karena field yang tersedia dalam tabel pemesanan berupa : ID Pemesanan, ID konsumen ( Primary Key dari tabel data konsumen ), ID Movie (Primary Key dari tabel Movie), Jumlah Pemesanan dan biaya pemesanan.


Pertama harus kita ketahui dulu pengertian dari Database itu sendiri. Database adalah  kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu Program komputer untuk memperoleh informasi dari Database tersebut.

Konsep dasar dari Database adalah kumpulan data rancu yang dijabarkan secara sistematik sehingga data-data yang rancu tersebut menjadi sebuah informasi bagi orang atau user yang melihatnya.

Berikut adalah berbagai macam dari Database Management System ( DBMS )    :
1. MySQL
2. ORACLE
3. FIREBIRD
4. Microsoft SQL server 2000
5. Visual Foxpro 6.0  
6. Database Desktop Paradox  
dll.

Keuntungan menggunakan Database    : 
1. Kontrol data terpusat
2. Data dapat dipakai bersama (share)
3. Redundansi data ( kerancuan data ) dapat dihindari dan dikontrol
4. Independensi data
5. Integritas data yang terpelihara
dll.


Berikut adalah cara membuat database sederhana dengan Microsoft Access 2010    :
 1. Buka Microsoft Access ( 2010 ) > pilih blank database > isi nama database > create




 2. Setelah Klik create maka akan keluar tampilan jendela seperti ini




3.  Langkah selanjutnya adalah mengcreate table dengan mode design view untuk mengatur 
     pembuatan field untuk table yang kita buat.




4. Setelah mengklik Design View maka akan keluar jendela untuk kita  membuat field dan
    mengatur field properties dari table yang telah kita buat.
     

  


5.  Setelah mengatur field properties, klik kanan pada icon table yang kita buat dan klik open
     dan kita tinggal mengisi record untuk field table yang telah kita buat.




6. Save Database. 


Perlu diketahui bahwa ekstensi file Microsoft Access 2010 berbeda dengan Microsoft Access 2003. Misalkan teman anda ingin melihat Database yang anda buat dengan Microsoft Access 2010, sedangkan teman anda menginstal Microsoft Access 2003 di laptopnya. Maka sudah pasti Database yang dibuat di Microsot Access 2010 tersebut tidak akan bisa dibuka di Microsoft Access 2003.


Cara Untuk Membuka file berekstensi .accdb (Access 2010) di Microsoft Access 2003 ( .mdb ) adalah sebagai berikut    :
1. Klik file > Save & Publish > Access 2000 Database


Demikian postingan kami tentang Microsoft Access 2010 semoga bisa bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkanya,terimakasih

Blog, Updated at: 10:03 PM

0 komentar:

Post a Comment

Tukeran Link Yuuuuk....