OPENING
Pertama kita buka dulu ya microsoft excel nya, caranya gini :
1. Klik icon start
2. All programs
3. Microsoft office
4. Lalu pilih microsoft excel
SHEET
Nah setelah masuk ke microsoft excel, terdapat 3 sheet.
kita bisa menambah sheet. Ini caranya :
ΓΌ klik pada insert worksheet atau
dengan shortcut shift+f11.
Sheet ini mempermudah kita saat banyak data yg akan di
inputkan.
Sheet bisa kita ganti nama juga loh , caranya :
1. Klik kanan pada sheet yg akan diganti namanya
2. Lalu pilih rename
3. Ketik nama sesuai keinginan / sesuai judul data.
4. Lalu enter.
Mudah bukan....
Kita juga dapat menghapus sheet, berikut caranya :1.Klik kanan pada sheet yg akan dihapus2.Lalu pilih delete3.Muncul kotak dialog lalu pilih button delete
MARGINS
Kita atur kertas dulu yuukkk...1.Klik page layout2.Klik margins3.Pilih normal atau jika ingin mengatur sesuai keinginan maka pilih custom margins...4.Lalu muncul page setup, atur5.OK
NEW FILE
Jika ada yg bertanya gimana cara membuat file baru?mudah sekali,1. Klik office button2. New3. Pilih blank workbook4. Kemudian klik createatau kita bisa pakai shortcut Ctrl +N
SAVE FILE
Cara menyimpan workbook gimana yaa?ini dia langkah-langkahnya :1. Klik office button2. Pilih save3. Lalu keluar kotak dialog save as4. Kamu bisa ganti file name nya5. Lalu klik button save deh.atau kita bisa pakai shortcut Ctrl +S
OPEN FILE
Caranya seperti berikut :1.Masuk dan klik office button2.Pilih open3.Lalu cari file yang akan dibuka4.Kemudian klik button openAtau dengan shortcut Ctrl+O
PRINT FILE
Caranya sebagai berikut :1. Masuk dan klik icon office button2. Kemudian pilih dan klik print3. OK
MENYISIPKAN GAMBAR
Caranya seperti berikut :1.Klik menu Insert2.Pilih dan klik Picture / Clip art3.Jika pilih Picture maka akan muncul kotak dialog untuk memilih gambar dalam file kita, jika kita memilih Clip art maka double click pada icon clip art lalu akan muncul sebuah tampilan dan klik button Go >> pilih gambar sesuai keinginan anda.4.OK
MEMINDAH SEL
Caranya sebagai berikut :1.Pilih sel /range yang akan dipindahkan.2.Lalu klik toolbar Cut ( atau dari menu Edit Cut )3.Pindahkan sel ketempat yang diinginkan4.Klik toolbar Paste ( atau dari menu Edit Paste )
MENGKOPY ISI
SEL
Caranya :1.Pilih sel / range yang akan dicopy.2.Lalu klik toolbar Copy3.Pindahkan sel ketempat yang diinginkan4.Klik toolbar Paste
MENYISIPKAN SEL, BARIS ATAU KOLOM
Caranya :1. Tunjukan sel mana yang akan di sisipkan2. Lalu blok kolom atau baris sebanyak yang ingin kita sisipi3. Klik menu Insert colums / row
MENGHAPUS BARIS/KOLOM
Caranya :1. Tunjuk sel pada baris atau kolom yang akan dihapus.2. Lalu klik menu Edit, kemudian pilih Delete
MENGGABUNGKAN SEL
Caranya :1.Klik home > alignment2.Pilih Merge & Center
Maka tiga baris tersebut menjadi
satu setelah di Merge & Center.
Sekian Belajar kita kali ini tentang Microsoft Excel,
Sampai jumpa dilain pembelajaran ya....
0 komentar:
Post a Comment