Konsep Dasar SIA Untuk Pengembalian Keputusan

Posted by Friendly With Information Technology on Monday, December 15, 2014

    
1.1.  Kegitan Manajemen
Kegiatan manajemen di hubungkan dengan tingkatannya di dalam organisasi.kegiatan manajemen mempengaruhi pengolahan informasi, karena informasi yang dibutuhkan berbeda untuk masing-masing tingkatan. Kegiatan manajemen masing-masing tingkatan dapat dikategorikan sebagai berikut :
A.         Perencanaan strategi(strategi planning), merupakan kegiatan manajemen tingkat atas.
B.        Pengendalain manajemen (manajemen control), merupakan kegiatan manajemen tingkat menengah.
C.  Pengendalian operasi(operational control), merupakan kegiatan manajemen tingkat bawah.

1.2.  Perencanaan Strategi
Fredick H.Wu  mendefinisikan perencanaan strategi adalah proses evaluasi lingkungan organisasi, penerapan tujuan organisasi dan penentuan strategi.
a.    Proses Evaluasi Lingkungan Luar Organisasi
Pengaruh dari lingkungan luar,dapat memepngaruhi jalannnya organisasi. Manajemen tingkat atas harus pandai mengevaluasinya dan harus tanggap terhadap tekanan-tekanan dari lingkungan luar yang merugikan.
b.   Penetapan Tujuan
Tujuan ditetapkan oleh manajemen tingkat atas di dalam proses    perencanaan strategi yang bersifat jangka panjang.
c.     Penentuan Strategi
    Dengan strategi  semua kemampuan yang berupa sumber daya dikerahkan agar tujuan organisasi dapat di raih.

1.3.  Pengendalian Manajemen
Pengendalian manajemen merupakan taktik, yaitu bagaimana manajemen tingkat menengah menjalankan taktik supaya perencanaan strategi dapat dilakukan dengan berhasil. Masing-masing manajemen bagian bertanggung jawabb mengendalikan penggunaan dengan efisien dan efektif. Didalam pengendalian manajemen terdapat suatu proses yang menunjukan apa yang harus dilakukan oleh manajer.
·      Pemrograman
Pemrograman adalah proses menentukan program yang akan di tentukan oleh organisasi dan jumlah yang akan dialokasikan untuk masin-masing program. Program adalah kegiatan prinsip yag telah di tentukan untuk di laksanakan.
·      Penyusunan Anggaran
Anggaran adalah suatu rencana yang diungkapkan dalam satuan kuantitatif. Didalam proses penyusunan anggaran, rencana-rencana diterjemahkan dalam bentuk pertanggungjawaban.
Proses pengembangan suatu anggaran adalah proses tawar menawar anatara manajer dari masing-masing pusat pertanggungjawaban dengan atasannya.
·      Pelaksanaan dan Pengukuran
Data yang diklasifikasika harus sesuai dengan program yang digunakan sebagai dasar pemrograman periode berikutnya dan data yang diklasifikasikan digunakan untuk mengukur kinerja dari masing-masing pusat pertanggungjawaban.

1.4.   Pengendalian Operasi
 Pengendalian operasi adalah proses untuk meyakinkan bahwa setiap tugas telah dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian operasi dilakukan dibawah pedoman proses pengendalian manajemen dan difokuskan pada tingkat bawah.
a.    Tipe keputusan manajemen
Pengambilan keputusan adalah tindakan manajemen dalam pemilihan alternative untuk mencapai sasaran. Secara umum, keputusan oleh manajemen dapat di klasifikasikan ke dalam 3 tipe :
·      Keputusan Terprogram (Programmed Decision) dan Terstruktur.
Keputusan terstruktur sifatnya adalah berulang dan rutin,sehingga dapat di program.Keputusan terstruktur terjadi dan dilakukan terutama pada manajemen tingkat bawah.
·      Keputusan Setengah Terprogram atau Setengah Terstruktur.
Keputusan setengan terstruktur sifatnya adalah sebagian yang dapat di program,sehingga masih membutuhan pertimbangan dari pengambilan keputusan.Keputusan ini bersifat rumit dan membutuhkan perhitungan serta analis yang terperinci.
·      Keputusan tidak Terprogram atau tidak Terstruktur
Keputusan tidak terstruktur sifatnya adalah tidak terjadi terulang. Informasi pengembalian keputusan tidak terstruktur dan tidak mudah untuk didapatkan.
b.      Tipe Informasi Manajemen
Untuk mendukung keputusan yang dilakukan oleh manajemen, maka manajemen membutuhkan informasi yang berguna. Untuk manajemen tingkat bawah, tipe informasinya adalah terperinci dan untuk manajemen tingkat atas, tipe informasinya adalah semakin tersaring dan lebih ringkas.
c.    Sumber Informasi Manajemen
Dapat berasal dari informasi yang dihasilkan dari operasi PDE(Pengolahan Data Elektronik) yang berbasis pada komputer dan informasi non PDE. Informasi dari sistem komputer lebih dominan pada manajer tingkat bawah dan tingkat atas.
d.    Peranan SIA bagi Manajemen

Sistem informasi tidak hanya berperan sebagai pengumpulan data, tetapi juga menyediakan informasi bagi manajemen untuk fungsi perencanaan dan pengendalian. Laporan dari sistem akuntansi akan memberikan kepada manajemen permasalahan yang terjadi.

Blog, Updated at: 4:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Dokumentasi