1.1. Kegitan Manajemen
Kegiatan
manajemen di hubungkan dengan tingkatannya di dalam organisasi.kegiatan
manajemen mempengaruhi pengolahan informasi, karena informasi yang dibutuhkan
berbeda untuk masing-masing tingkatan. Kegiatan manajemen masing-masing tingkatan
dapat dikategorikan sebagai berikut :
A. Perencanaan strategi(strategi planning),
merupakan kegiatan manajemen tingkat atas.
B. Pengendalain manajemen (manajemen
control), merupakan kegiatan manajemen tingkat menengah.
C. Pengendalian operasi(operational
control), merupakan kegiatan manajemen tingkat bawah.
1.2. Perencanaan Strategi
Fredick
H.Wu mendefinisikan perencanaan strategi
adalah proses evaluasi lingkungan organisasi, penerapan tujuan organisasi dan
penentuan strategi.
a.
Proses
Evaluasi Lingkungan Luar Organisasi
Pengaruh dari lingkungan luar,dapat
memepngaruhi jalannnya organisasi. Manajemen tingkat atas harus pandai
mengevaluasinya dan harus tanggap terhadap tekanan-tekanan dari lingkungan luar
yang merugikan.
b.
Penetapan
Tujuan
Tujuan ditetapkan oleh manajemen tingkat
atas di dalam proses perencanaan
strategi yang bersifat jangka panjang.
c.
Penentuan Strategi
Dengan strategi semua kemampuan
yang berupa sumber daya dikerahkan agar tujuan organisasi dapat di raih.
1.3. Pengendalian Manajemen
Pengendalian
manajemen merupakan taktik, yaitu bagaimana manajemen tingkat menengah
menjalankan taktik supaya perencanaan strategi dapat dilakukan dengan berhasil.
Masing-masing manajemen bagian bertanggung jawabb mengendalikan penggunaan
dengan efisien dan efektif. Didalam pengendalian manajemen terdapat suatu
proses yang menunjukan apa yang harus dilakukan oleh manajer.
· Pemrograman
Pemrograman
adalah proses menentukan program yang akan di tentukan oleh organisasi dan
jumlah yang akan dialokasikan untuk masin-masing program. Program adalah
kegiatan prinsip yag telah di tentukan untuk di laksanakan.
· Penyusunan Anggaran
Anggaran
adalah suatu rencana yang diungkapkan dalam satuan kuantitatif. Didalam proses
penyusunan anggaran, rencana-rencana diterjemahkan dalam bentuk
pertanggungjawaban.
Proses
pengembangan suatu anggaran adalah proses tawar menawar anatara manajer dari
masing-masing pusat pertanggungjawaban dengan atasannya.
· Pelaksanaan dan Pengukuran
Data
yang diklasifikasika harus sesuai dengan program yang digunakan sebagai dasar
pemrograman periode berikutnya dan data yang diklasifikasikan digunakan untuk
mengukur kinerja dari masing-masing pusat pertanggungjawaban.
1.4. Pengendalian Operasi
Pengendalian operasi adalah proses untuk
meyakinkan bahwa setiap tugas telah dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian
operasi dilakukan dibawah pedoman proses pengendalian manajemen dan difokuskan
pada tingkat bawah.
a.
Tipe
keputusan manajemen
Pengambilan
keputusan adalah tindakan manajemen dalam pemilihan alternative untuk mencapai
sasaran. Secara umum, keputusan oleh manajemen dapat di klasifikasikan ke dalam
3 tipe :
· Keputusan Terprogram (Programmed Decision)
dan Terstruktur.
Keputusan
terstruktur sifatnya adalah berulang dan rutin,sehingga dapat di
program.Keputusan terstruktur terjadi dan dilakukan terutama pada manajemen
tingkat bawah.
· Keputusan Setengah Terprogram atau
Setengah Terstruktur.
Keputusan
setengan terstruktur sifatnya adalah sebagian yang dapat di program,sehingga
masih membutuhan pertimbangan dari pengambilan keputusan.Keputusan ini bersifat
rumit dan membutuhkan perhitungan serta analis yang terperinci.
· Keputusan tidak Terprogram atau
tidak Terstruktur
Keputusan
tidak terstruktur sifatnya adalah tidak terjadi terulang. Informasi
pengembalian keputusan tidak terstruktur dan tidak mudah untuk didapatkan.
b.
Tipe
Informasi Manajemen
Untuk mendukung keputusan yang dilakukan
oleh manajemen, maka manajemen membutuhkan informasi yang berguna. Untuk
manajemen tingkat bawah, tipe informasinya adalah terperinci dan untuk manajemen
tingkat atas, tipe informasinya adalah semakin tersaring dan lebih ringkas.
c.
Sumber
Informasi Manajemen
Dapat berasal dari informasi yang dihasilkan
dari operasi PDE(Pengolahan Data Elektronik) yang berbasis pada komputer dan
informasi non PDE. Informasi dari sistem komputer lebih dominan pada manajer
tingkat bawah dan tingkat atas.
d.
Peranan
SIA bagi Manajemen
Sistem informasi tidak hanya berperan
sebagai pengumpulan data, tetapi juga menyediakan informasi bagi manajemen
untuk fungsi perencanaan dan pengendalian. Laporan dari sistem akuntansi akan
memberikan kepada manajemen permasalahan yang terjadi.
0 komentar:
Post a Comment